Keterampilan dasar mengajar yang harus ada pada seorang tenaga pengajar atau pendidik dapat dibedakan menjadi 8 jenis keterampilan. Keterampilan dasar mengajar tersebut adalah sebagai berikut:
- Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
- Pengertian Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan guru dalam mengakhiri kegitan inti pelajaran. Dalam menutup pelajaran, guru dapat menyimpulkan materi pelajaran, mengetahui tingkat pencapaian peserta didik dan tingkat keberhasilan guna dalam proses belajar mengajar.
- Tujuan membuka dan menutup pelajaran adalah :
# Menyiapkan mental para peserta didik agar siap memasuki persoalan yang akan dibicarakan
# Memungkinkan peserta didik mengetahui tingkat keberhasailan dalam pelajaran
# Agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan
- Prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran
# Hubungan antara pendahuluan dengan inti pengajaran serta dengan tugas-tugas yang dikerjakan sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis
# Menggunakan apersepsi yaitu mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkannya terhadap pengetahuan yang sudah diketahui oleh peserta didik.
2. Keterampilan Menjelaskan
- Pengertian keterampilan menjelaskan
- Prinsip-prinsip menjelaskan
# Penjelasan harus diselingi tanya jawab
# Materi penjelasan harus dikuasai secara baik oleh guru
# Penjelasan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
# Materi penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik
# Dapat menjelaskan harus disertai dengan contoh-contoh yang kongkrit dan dihubungkan dengan kehidupan
- Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjelaskan
# Bahan yang akan diterangkan dipersiapkan dan dikuasai terlebih dahulu
# Pokok-pokok yang diterangkan harus disimpulkan
# Dalam menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi
# Adakan pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan-pertanyaan
3. Keterampilan Bertanya
- Pengertian keterampilan bertanya
- Tujuan keterampilan bertanya :
# Melatih kemampuan mengutarakan pendapat
# Merangsang dan meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik
# Melatih peserta didik berfikir divergen
# Mencapai tujuan belajar
- Jenis-jenis pertanyaan
# Pertanyaan umum dan terbuka, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh kelas
# Pertanyaan retorik, yaitu pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban
# Pertanyaan faktual, yaitu pertanyaan untuk menggali fakta dan informasi
# Pertanyaaan yang diarahkan kembali, yaitu pertanyaan yang dikembalikan kepada peserta didik atas pertanyaan peserta didik lain
# Pertanyaan memimpin (Leading Question) yaitu pertanyaan yang jawabannya tersimpul dalam pertanyaan itu sendiri
- Prinsip-prinsip bertanya
# Pertanyaan hendaknya singkat, jelas dan disusun dengan kata-kata yang sederhana
# Pertanyaan didistribusikan secara merata kepada para peserta didik
# Pertanyaan langsung sebaiknya diberikan secara random
# Pertanyaan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan peserta didik
# Sebaiknya hindari pertanyaan retorika atau leading question
- Teknik-teknik dalam bertanya
# Tekhnik menguatkan kembali
# Tekhnik menuntun dan menggali
# Tekhnik mengacak
4. Keterampilan Mengunakan Variasi Stimulus
- Pengertian Keterampilan menggunakan variasi stimulus
- Tujuan penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar :
# mempertahankan kondisi optimal belajar
# meningkatkan perhatian dan motivasi peserta didik
# memudahkan pencapaian tujuan pengajaran
- Jenis-jenis variasi dalam mengajar
# variasi dalam gaya mengajar
# variasi dalam penggunaan metode
# variasi dalam pola interaksi yaitu gunakan pola interaksi multi arah
- Prinsip-prinsip penggunaan variasi dalam pengajaran
# perubahan satu jenis variasi ke variasi lainnya harus efektif
# penggunaan variasi harus direncakan dan sesuai dengan bahan, metode, dan karakteristik peserta didik
5. Keterampilan Memberi Penguatan
- Pengertian keterampilan memberi penguatan
- Tujuan penggunaan keterampilan memberi penguatan :
# Membangkitkan motivasi belajar peserta didik
# Menumbuhkan kemampuan berinisiatif secara pribadi
# Merangsang peserta didik berfikir yang baik
# Mengembalikan dan mengubah sikap negatif peserta dalam belajar ke arah perilaku yang mendukung belajar
- Jenis-jenis penguatan
# Penguatan Gestural
# Penguatan dengan cara mendekatinya
# Penguatan dengan cara sambutan
# Penguatan dengan memberikan kegiatan yang menyenangkan
# Penguatan berupa tanda atau benda
- Prinsip-prinsip penguatan
# Memberikan kesan positif kepada peserta didik
# Berdampak terhadap perilaku positif
# Dapat bersifat pribadi atau kelompok
# Hindari penggunaan respon negative
6. Keterampilan Mengelola Kelas
- Pengertian keterampilan mengelola kelas
- Tujuan dari pengelolaan kelas adalah :
# Menghilangkan berbagai hambatan dan pelanggaran disipilin yang dapat merintangi terwujudnya interaksi belajar mengajar
# Mempertahankan keadaan yang stabil dalam susana kelas, sahingga bila terjadi gangguan dalam belajar mengajar dapat dikurangi dan dihindari
# Melayani dan membimbing perbedaan individual peserta didik
# Mengatur semua perlengkapan dan peralatan yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual peserta didik dalam kelas.
- Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
# Kehangatan dan keantusiasan
# Bervariasi, gunakan variasi dalam proses belajar mengajar
# Tantangan, gunakan kata-kata, tindakan atau bahan sajian yang menantang
# Tanamkan displin diri, selalu mendorong peserta didik agar memiliki disipin diri
# Menekankan hal-hal positif, memikirkan hal positif dan menghindarkan konsentrasi pada hal negatif
- Komponen Keterampilan Pengelolaan Kelas
# Memusatkan perhatian
# Menunjukkan sikap tanggap
# Menegur
# Membagi perhatian
# Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas
# Memberi penguatan
# Keterampilan megelola kelas yang bersifat represif, guru dapat menggunakan keterampilan dengan cara :
· Pengelolaan kelompok
· Modifikasi tingkah laku
· Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah
- Hal-hal yang harus dihindari dalam mengembangkan keterampilan mengelola kelas :
# Pengulangan penjelasan yang tidak perlu
# Penyimpangan
# Kesenyapan
# Bertele-tele
7. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil
- Pengertian mengajar kelompok kecil dan perorangan
Sedangkan keterampilan dalam pengajaran perorangan atau pengajaran individual adalah kemampuan guru dalam mennetukan tujuan, bahan ajar, prosedur dan waktu yang digunakan dalam pengajaran dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan atau perbedaan-perbedaan individual peserta didik.
- Tujuan guru mengembangkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
# Keterampilan dalam mengorganisasi
# Keterampilan dalam membimbing belajar
# Keterampilan dalam merencakan dan melaksanakan KBM
8. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
- Pengertian
- Prinsip-prinsip membimbing diskusi kelompok kecil :
# Berikan waktu yang cukup untuk merumuskan dan menjawab permasalahan
# Rencanakan diskusi kelompok dengan sistematis
# Bimbinglah dan jadikanlah diri guru sebagai teman dalam diskusi
- Komponen keterampilan guru dalam megembangkan pembimbingan kelompok kecil :
# Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
# Pemusatan perhatian
# Menganalisa pandangan peserta didik
# Meningkatkan urutan pikiran peserta didik
# Menutup diskusi
- Hal-hal yang harus dihindari dalam membimbing diskusi kelompok kecil :
# Tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada peserta didik untuk memikirkan pemecahan masalah
# Membiarkan diskusi dikuasai oleh peserta didik tertentu
# Membiarkan peserta didik mengemukakan pendapat yang tidak ada kaitannya dengan topik pembicaraan
# Membiarkan peserta didik tidak aktif
# Tidak merumuskan hasil diskusi dan tiadak membentuk tindak lanjut