A.
Pengertian
metode eksperimen
Menurut
Mulyani Somantri dan Johar Permana (1998:157) dalam buku Strategi Belajar
Mengajar mengungkapkan bahwa eksperimen
atau percobaan adalah suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi agar menghasilkan suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat secara
aman. Metode eksperimen diartikan sebagai cara belajar mengajar dan
melibataktifkan peserta didik dengan mengalami dan membuktikan sendiri proses
dan hasil percobaan itu.
Menurut
Sri Anitah W, dkk metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam
penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu
serta mengamati secara proses (Anitah, dkk, 1998:157)
Sedangkan
Moedjiono dan Moh.Dimyati (1992:77) mengemukakan bahwa metode ekpserimen
merupakan format interaksi belajar-mengajar yang melibatkan logika induksi
untuk menyimplkan pengamatan terhadap proses dan hasil percobaan yang
dilakukan. Eksperimen yang dilakukan dalam metode eksperimen dapat dilakukan
secara perseorangan maupun kelompok.
Dalam
kegiatan belajar-mengajar tujuan dari pemakaian metode eksperimen ini adalah:
1. Agar peserta didik mampu menyimpulkan fakta-fakta,
informasi atau data yang diperoleh.
2. Melatih
peserta didik merancang, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan percobaan
3. Melatih
peserta didik menggunakan logika berpikir induktif untuk menarik kesimpulan
dari fakta, informasi atau data yang terkumpul melalui percobaan.
Alasan
mengapa guru menggunakan metode eksperimen adalah:
1. Metode
eksperimen diberikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat
mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati
suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang
suatu objek, keadaan atau proses sesuatu.
2. Metode
eksperimen dapat menumbuhkan cara berpikir rasional dan ilmiah.
3. Dapat memungkinkan siswa belajar secara aktif dan
mandiri.
4. Dapat mengembangkan sikap dan perilaku kritis, tidak
mudah percaya sebelum ada bukti-bukti nyata.
B.
Langkah-langkah
penggunaan metode eksperimen
Agar
metode eksperimen berjalan dengan lancar, maka harus dilakukan sesuai dengan
langkah-langkah atau prosedur pemakaian.
Anitah
(2007:5.29), mengemukakan prosedur penggunaan metode eksperimen adalah sebagai
berikut.
1. Mempersiapkan
alat bantu (alat eksperimen).
2. Petunjuk
dan informasi tentang tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam eksperimen.
3. Pelaksanaan
eksperimen dengan menggunakan lembaran kerja/pedoman eksperimen yang disusun
secara sistematis sehingga siswa dalam pelaksanaannya tidak banyak mendapat
kesulitan dan membuat laporan.
4. Penguatan
perolehan temuan-temuan eksperimen dilakukan dengan diskusi, tanya jawab,
dan/atau tugas.
5. Kesimpulan.
Menurut Moedjiono dan Moh. Dimyati
(1992:78) langkah-langkah yang dapat dipakai dalam metode eksperimen agar
mendapatkan hasil yang optimal adalah sebagai berikut.
1. Mempersiapkan
pemakaian metode esperimen, yang mencakup kegiatan-kegiatan:
·
Menetapkan kesesuaian
metode eksperimen terhadap tujuan-tujuan yang hendak dicapai
·
Menetapkan kebutuhan
peralatan, bahan, dan sarana lain yang dibutuhkan dalam eksperimen sekaligus
memeriksa ketersediaannya di sekolah.
·
Mengadakan uji
aksperimen (guru mengadakan eksperimen sendiri untuk menguji ketepatan proses
dan hasilnya) sebelum menugaskan kepada siswa, sehingga dapat diketahui secara
pasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.
·
Menyediakan peralatan,
bahan, dan sarana lain yang dibutuhkan untuk eksperimen yang akan dilakukan.
·
Menyediakan lembaran kerja
(bila dirasa perlu)
2. Melaksanakan
pemakaian metode eksperimen, dengan kegiatan-kegiatan:
·
Mendiskusikan bersama
seluruh siswa mengenai prosedur, peralatan, dan bahan untuk eksperimen serta
hal-hal yang perlu diamati dan dicatat selama eksperimen.
·
Membantu, membimbing,
dan mengawasi eksperimen yang dilakukan oleh para siswa, di mana para siswa
mengamati serta mencatat hal-hal yang dieksperimenkan
·
Para siswa membuat
kesimpulan dan laporan tentang eksperimennya.
3. Tindak
lanjut pemakaian metode eksperimen, melalui kegiatn-kegiatan:
·
Mendiskusikan
hambatan-hambatan dan hasil-hasil eksperimen
·
Membersihkan dan
menyimpan peralatan, bahan, atau sarana lainnya
·
Evaluasi akhir
eksperimen oleh guru.
Peranan guru dalam penerapan metode
eksperimen ini adalah sebagai fasilitator dan advisor. Metode eksperimen lebih
menekankan kepada keaktifan siswa untuk memproses memperoleh belajarnya
sendiri, daripada keaktifan guru dalam menyajikan isi pelajaran.
C.
Prasyarat
untuk mengoptimalkan pembelajaran eksperimen
Kemampuan guru yang harus
diperhatikan agar eksperimen berhasil dengan baik, diantaranya ialah:
a. Mampu
membimbing siswa dari merumuskan hipotesis sampai pada pembuktian dan
kesimpulan serta membuat laporan eksperimen
b. Menguasai
konsep yang dieksperimenkan
c. Mampu
mengelola kelas
d. Mampu
menciptakan kondisi pembelajaran aksperimen secara efaktif
e. Mampu
memberikan penilaian secara proses
Sedangkan kondisi dan kemampuan
siswa yang harus diperhatikan untuk menunjang eksperimen adalah:
a. Memiliki
motivasi, perhatian, dan minat belajar melalui eksperimen
b. Memiliki
kemampuan melaksanakan eksperimen
c. Memiliki
sikap yang tekun, teliti, dan kerja keras.
d. Mampu
menulis, membaca, dan menyimak dengan baik.
D.
Kelebihan
dan kekurangan metode eksperimen
Dalam pelaksanaannya, metode
eksperimen ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa ahli yang
mengemukakan pendapat beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut adalah sebagai
berikut.
1. Sumantri
dan Permana (1998:158):
a. Kelebihan
metode eksperimen yaitu:
·
Membuat peserta didik
percaya pada kebenaran kesimpulan percobaannya sendiri dari pada hanya menerima
kata guru atau buku
·
Peserta didik aktif
terlibat mengumplkan fakta, informasi, atau data yang diperlukan melalui percobaan
yang dilakukannya
·
Dapat menggunakan dan
melaksanakan prosedur metode ilmiah dan berpikir ilmiah
·
Memperkaya pengalaman
dengan hal-hal yang bersifat ojektif, realistis dan menghilangkan verbalisme
·
Hasil belajar menjadi
kepemilikan peserta didik yang beralian lama.
b. Kekurangan
metode eksperimen yaitu:
·
Memerlukan peralatan
percobaan yang komplit.
·
Dapat menghambat laju
pembelajaran dalam penelitian yang memerlukan waktu yang lama
·
Menimbulkan kesulitan
bagi guru dan peserta didik apabila kurang berpengalaman dalam penelitian
·
Kegagalan dan kesalahan
dalam bereksperimen akan berakibat pada kesalahan menyimpulkan.
2. Moedjiono
dan Moh.Dimyati (1992:78)
Moedjiono dan
Moh.Dimyati mengemukakan beberapa kelebihan dan kekurangan metode eksperimen,
yaitu sebagai berikut.
a. Kelebihan
metode eksperimen, yaitu:
·
Siswa secara aktif
terlibat mengumpulkan fakta, informasi atau data yang dipelukannya melalui
eksperimen
·
Siswa memperoleh
kesempatan untuk membuktikan kebenaran teoritis secara empiris melalui
eksperimen, sehingga siswa terlatih membuktikan ilmu secara ilmiah
·
Siswa berkesempatan
untuk melaksanakan prosedur metode ilmiah, dalam rangka menguji kebenaran
hipotesis-hipotesis.
b. Kekurangan
metode eksperimen, yaitu:
·
Memerlukan peralatan,
bahan, dan/atau sarana eksperimen bagi setiap siswa atau sekelompok siswa, hal
ini perlu dipenuhi, karena akan mengurangi kesempatan siswa bereksperimen jika
tidak tersedia.
·
Jika eksperimen
memerlukan waktu yang lama, akan mengakibatkan berkurangnya kecepatan laju
pembelajaran.
·
Kekurangan pengalaman
para siswa maupun guru dalam melaksanakan eksperimen, akan menimbulkan kesulitan
tersendiri dalam melaksanakan eksperimen.
·
Kegagalan atau
kesalahan eksperimen akan mengakibatkan perolehan hasil belajar (berupa
informasi, fakta, atau data) yang salah atau menyimpang.
3. Sri
Anitah W, dkk (2007:5.28)
Sri
Anitah W, dkk mengemukakan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam implementasi
metode eksperimen, diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Kelebihan
metode eksperimen:
·
Membangkitkan rasa
ingin tahu siswa
·
Membangkitkan sikap
ilmiah siswa
·
Membuat pembelajaran
bersifat aktual
·
Membina kebiasaan
belajar kelompok maupun individu
b. Kekurangan
metode eksperimen:
·
Memerlukan alat dan
biaya
·
Memerlukan waktu
relatif lama
·
Sangat sedikit sekolah
yang memiliki fasilitas eksperimen
·
Guru dan siswa banyak
yang belum terbiasa melakukan eksperimen
Sumbernya ada gak mba? sbelumnya terima kasih.
BalasHapusgk ada pak
Hapuspak krim sumbernya ya mksih
masih ya pak
BalasHapuspak tolong tambah materinya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusijin share ya...
BalasHapus