A. Pengertian metode Tanya
jawab
Menurut
Abdul Majid (2006:138) metode Tanya jawab adalah mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik. Metode ini dimaksudkan untuk merangsang, berpikir, dan membimbing
peserta didik dalam mencapai kebenaran.
Metode
tanya jawab
adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan
pertanyaan dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk meninjau pelajaran
yang lalu agar para murid memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah
kemajuan yang telah dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran
berikutnya dan untuk merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan
sebagai apersepsi, selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79)
Proses Tanya jawab terjadi apabila
ada ketidak tahuan atau ketidakpahaman peserta didik akan suatu peristiwa,
adapun tujuan dari metode tanya jawab sebagai berikut:
1)
Mengecek dan mengetahui sampai sejauh
mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai.
2)
Memberi kesempatan kepada anak didik
untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum dipahami.
3)
Memotivasi dan menimbulkan kompetensi
belajar.
4)
Melatih anak didik untuk berfikir dan
berbicara secara sistematis berdasarkan pemikiran yang orisinil.
B. Teknik dalam menggunakan
metode Tanya jawab
Dalam
setiap metode yang ada dalam pembelajaran pasti diperlukan teknik agar
pembelajaran bisa berjalan secara baik, berikut ini berbagai teknik yang
digunakan guru dalam mengajukan pertanyaan :
1) The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan berbagai
tipe dan jenis pertanyaan.
2) The Speaks Strategy yakni menggunakan pertanyaan yang
saling bertalian satu sama lain.
3 3) The Pleteaus Strategy yakni mengajukan
pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada
jenis pertanyaan yang lain.
4 4) The Inductive Strategy yakni dengan
berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal
khusus ke hal-hal yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum.
5 5) The
Deductive Strategy yakni generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak,
siswa diharapkan dapat menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data
yang ditanyakan.
Pertanyaan yang baik memiliki
ciri-ciri :
1) Pertanyaan hendaknya bersifat
mengajak atau merangsang siswa untuk berfikir.
2) Kata-kata yang dipergunakan harus
jelas sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak dipahami siswa.
3) Pertanyaan itu harus mengandung satu penafsiran.
4) Kalimat pertanyaan hendaknya
singkat.
5) Setiap pertanyaan hendaknya mengandung satu masalah.
6) Pertanyaan harus sesuai dengan taraf kecerdasan atau
pengalaman siswa.
C. Kelebihan dan
kekurangan dari metode tanya jawab
Suatu metode yang digunakan oleh
guru dalam mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan,
begitupun dengan metode tanya jawab. Berikut keunggulan dan kekurangan metode tanya
jawab :
a. Keunggulan metode tanya Jawab
1) Kelas akan hidup karena anak
didik aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara.
2) Baik sekali untuk melatih anak
didik agar berani mengemukakan pendapatnya.
3) Akan membawa kelas kedala suasana diskusi.
b. Kekurangan metode diskusi
1) Apabila terjadi perbedaan
pendapat akan memakan waktu untuk menyelesaikannya.
2) Kemungkinan akan terjadi
penyimpangan perhatian pelajar terutama apabila jawaban yang kebetulan menarik
perhatian tetapi buka sasaran atau materi yang dituju.
3) Dapat menghambat cara berfikir
apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar