Kamis, 21 Februari 2013

Metode Tanya Jawab


A.       Pengertian metode Tanya jawab
Menurut Abdul Majid (2006:138) metode Tanya jawab adalah mengajukan pertanyaan kepada peserta didik. Metode ini dimaksudkan untuk merangsang, berpikir, dan membimbing peserta didik dalam mencapai kebenaran.
Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk meninjau pelajaran yang lalu agar para murid memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang telah dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai apersepsi, selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79)
Proses Tanya jawab terjadi apabila ada ketidak tahuan atau ketidakpahaman peserta didik akan suatu peristiwa, adapun tujuan dari metode tanya jawab sebagai berikut:
1)   Mengecek dan mengetahui sampai sejauh mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai.
2)   Memberi kesempatan kepada anak didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum dipahami.
3)   Memotivasi dan menimbulkan kompetensi belajar.
4)  Melatih anak didik untuk berfikir dan berbicara secara sistematis berdasarkan pemikiran yang orisinil.

        B.     Teknik dalam menggunakan metode Tanya jawab
       Dalam setiap metode yang ada dalam pembelajaran pasti diperlukan teknik agar pembelajaran bisa berjalan secara baik, berikut ini berbagai teknik yang digunakan guru dalam mengajukan pertanyaan : 
     1)      The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan berbagai tipe dan jenis pertanyaan. 
     2)      The Speaks Strategy yakni menggunakan pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain.
3  3) The Pleteaus Strategy yakni mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada jenis pertanyaan yang lain.
4   4) The Inductive Strategy yakni dengan berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum.
5   5)  The Deductive Strategy yakni generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan dapat menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data yang ditanyakan.

          Pertanyaan yang baik memiliki ciri-ciri :
            1) Pertanyaan hendaknya bersifat mengajak atau merangsang siswa untuk berfikir.
2) Kata-kata yang dipergunakan harus jelas sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak dipahami siswa.
3) Pertanyaan itu harus mengandung satu penafsiran.
4) Kalimat pertanyaan hendaknya singkat.           
5) Setiap pertanyaan hendaknya mengandung satu masalah.
6) Pertanyaan harus sesuai dengan taraf kecerdasan atau pengalaman siswa.

C.    Kelebihan dan kekurangan dari metode tanya jawab
Suatu metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan, begitupun dengan metode tanya jawab. Berikut keunggulan dan kekurangan metode tanya jawab :
a.       Keunggulan metode tanya Jawab
1) Kelas akan hidup karena anak didik aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara.
2) Baik sekali untuk melatih anak didik agar berani mengemukakan pendapatnya.
3) Akan membawa kelas kedala suasana diskusi.
            b.  Kekurangan metode diskusi
1) Apabila terjadi perbedaan pendapat akan memakan waktu untuk menyelesaikannya.
2) Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar terutama apabila jawaban yang kebetulan menarik perhatian tetapi buka sasaran atau materi yang dituju.
3) Dapat menghambat cara berfikir apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar