A. Pengertian
Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin systēma dan bahasa Yunani sustēma, adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Berikut beberapa pengertian sistem
menurut para ahli (Aldyputra, 2011. http://aldyputra.net/2011/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli/).
a.
L. James Havery
Sistem
adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen
yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai
suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
b.
John Mc Manama
Sistem
adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling
berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu
hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
c.
C. W.
Churchman
Sistem
adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan
seperangkat tujuan.
d.
J. C.
Hinggins
e. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Sistem
adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan
bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu
bagian akan mempengaruhi keseluruhan.
Dari beberapa pengertian sistem di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas tujuan, masukan, proses,
keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan, yang mana bagian-bagian tersebut
saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain untuk mencapai tujuan
tertentu.
Syafaruddin
dan Nasution (Dandandan, 2012. http://krisdaning217.blogspot.com/2012/03/kajian-pembelajaran-sebagai-sebuah.html)
mengemukakan bahwa proses suatu sistem dimulai dari input (masukan), kemudian diproses dengan berbagai aktivitas dengan
menggunakan teknik dan prosedur, dan selanjutnya menghasilkan output (keluaran), yang akan dipakai
oleh masyarakat lingkungannya.
B.
Pengertian Pembelajaran
Banyak yang beranggapan bahwa pembelajaran
adalah belajar atau proses belajar, namun pernyataan tersebut kurang tepat,
karena pembelajaran tidak hanya menyangkut belajar tetapi juga menyangkut hal
mengajar.
Berikut beberapa pengertian pembelajaran
menurut para ahli (Dandandan, 2012. http://krisdaning217.blogspot.com/2012/03/kajian-pembelajaran-sebagai-sebuah.html).
a. E.
Mulyasa
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara
peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah
yang lebih baik.
b.
Daeng Sudirwo
Pembelajaran merupakan interaksi belajar mengajar dalam
suasana interaktif yang terarah pada tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Selain itu, berikut ini beberapa
pengertian pembelajaran lain menurut para ahli (Indah, F., 2011. http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507.html)
a.
Knowles
Pembelajaran
adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
b.
Achjar Chalil
Pembelajaran adalah proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
c.
Corey
Pembelajaran
adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk
memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi
khusus.
Pembelajaran adalah proses transfer ilmu
dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi, dan siswa sebagai penerima
informasi.
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan
Nasional Nomor 20 tahun 2003, pembelajaran adalah proses interaksi peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Dari beberapa pendapat para ahli dan
undang-undang di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses belajar-mengajar
yaitu interaksi antara guru, peserta didik, dan lingkungannya untuk mencapai
suatu tujuan tertentu.
C. Pengertian
Pembelajaran sebagai Sistem
Sistem
pembelajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi,
material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan (Andi, 2011. http: // andinurdiansah. blogspot. com / 2011 / 11 / konsep- dasar - sistem - pembelajaran.
html). Berdasarkan definisi tersebut, yang dimaksud dengan unsur-unsur
manusiawi adalah peserta didik, pendidik, pustakawan, tenaga adiministrasi, dan
pihak-pihak yang terlibat dalam keberhasilan proses pembelajaran. Selain itu,
yang dimaksud dengan unsur-unsur material yaitu bahan-bahan pelajaran, termasuk
di dalamnya media pembelajaran yang dapat dijadikan sumber belajar. Unsur-unsur
fasilitas dan perlengkapan sistem pembelajaran seperti ruang kelas,
perlengkapan komputer, penerangan, audio visual. Unsur-unsur prosedurnya
seperti startegi dan metode pembelajaran, jadwal pembelajaran, pelaksanaan
evaluasi, dan sebagainya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran sebagai sistem adalah proses interaksi antara guru, peserta didik
dan lingkungannya untuk mencapai tujuan tertentu yang mana di dalamnya terdapat
saling keterkaitan antara unsur-unsur atau komponen-komponen pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar