A.
Pengertian Metode Pemecahan Masalah
Pemecahan
masalah merupakan salah satu cara yang harus banyak digunakan dalam
pembelajaran, karena metode pemecahan masalah merupakan metode mengajar yang
banyak mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Aktivitas dalam proses
belajar yang ditempuh siswa dapat dilakukan secara kelompok maupun individu,
penentuannya bergantung pada target kemampuan dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapainya. Topik masalah yang akan diselesaikan siswa harus sesuai dengan perkembangan
iptek yang berkembang. Jika dilihat dari filosofinya, metode ini cenderung
menggunakan pendekatan kontruktivisme artinya pengetahuan, keterampilan, dan
sikap akan dikembangkan dan dibangun oleh siswa di bawah bimbingan guru. Dalam
proses pembelajaran pemecahan masalah ini cenderung menggunakan pendekatan
induktif, dimana siswa belajar mulai dari hal-hal yang khusus sampai pada
konsep umum.
B.
Langkah-langkah Penggunaan Metode Pemecahan Masalah
Dalam
penggunaan metode pemecahan masalah dapat dilakukan langkah-langkah sebagai
berikut.
a. Merumuskan dan
membatasi masalah
Masalah yang
diambil dari kehidupan sehari-hari atau masalah aktual biasanya lebih kompleks.
Oleh karena itu, siswa harus merumuskan dahulu menjadi masalah yang jelas dan
membatasi masalah tersebut.
b. Merumuskan dugaan dan
pertanyaan
Siswa dibawah
bimbingan guru ditugaskan untuk membuat pertanyaan atau merumuskan dugaan atas jawaban
dari permasalahan, artinya dugaan tersebut dapat dirumuskan dalam bentuk
pertanyaan maupun pernyataan.
c. Mengumpulkan data atau
mengolah data
Untuk menjawab
permasalahan yang telah diajukan. Data ersebut dapat diperoleh dari buku,
dokumen, atau informasi langsung dari nara sumbernya.
d. Membuktikan atau
menjawab pertanyaan
Data-data yang
diperoleh dikelompokkan atau dianalisis atau diklarifikasi untuk menjawab
peranyaan.
e. Merumuskan kesimpulan
Hasil pembuktian
tersebut dirumuskan menjadi alternatif jawaban atas pertanyaan yang telah
diajukan dapat berupa alternative tindakan, upaya-upaya untuk masalah yang
dihadapi.
C.
Prasyarat Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Pemecahan Masalah
Kemampuan
guru yang harus diperhatikan agar pemecahan masalah berhasil dengan baik
diantaranya adalah:
a. Mampu
membimbing siswa dari merumuskan hiotesis sampai pada pembuktian dan kesimpulan
serta membuat laporan pemecahan masalah
b. Menguasai
konsep yang di problem solving-kan
c. Mampu
mengelola kelas
d. Mampu
menciptakan kondisi pembelajaran pemecahan masalah secara efektif
e. Mampu
memberikan penilaian secara proses
Sedangkan kondisi dan kemampuan
siswa yang harus diperhatikan untuk menunjang pemecahan masalah adalah:
a. Memiliki
motivasi, perhatian, dan minat belajar melalui pemecahan masalah
b. Memiliki
kemampuan melaksanakan pemecahan masalah
c. Memiliki
sikap yang tekun, teliti, dan kerja keras
d. Mampu
menulis, membaca, dan menyimak dengan baik.
D.
Kelebihan
dan Kekurangan Metode Pemecahan Masalah
Keunggulan
atau kelebihan impementasi mengajar pemecahan masalah dapat dicapai apabila
kondisi pembelajaran diciptakan secara efektif, diantaranya keunggulan tersebut
adalah:
·
Mengembangkan kemampuan
berpikir ilmiah
·
Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis
·
Mempelajari bahan
pelajaran yang aktual dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat
·
Jika dilaksanakan
secara kelompok dapat mengembangkan kemampuan sosial siswa
·
Mengoptimalkan
kemampuan siswa
Namun demikian, dalam metode
pemecahan masalah masih tetap ada kelemahan atau kendala-kendala yang
kemungkinan perlu diantisipasi oleh guru, diantaranya:
·
Waktu yang digunakan relatif
lama
·
Bahan pelajaran tidak
bersifat logis dan sistematis
·
Memerlukan bimbingan
dari guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar